Mie Instan Tidak Termasuk, Inilah 5 Makanan Terbaik saat Mendaki Gunung


0

Naik gunung di cuti panjang akhir pekan tampaknya merupakan gagasan yang bagus, bukan? Tentu saja! Sebab, tidak sedikit hal baik yang dapat Anda dapatkan dari pekerjaan outdoor ini. Mulai dari menikmati segarnya udara pegunungan, merasakan hijaunya pemandangan, sampai menyehatkan badan. Menggiurkannya lagi, memanjat gunung dapat jadi empiris berkesan sekaligus ajang mengoleksi teman baru sesama pendaki.

Tapi, tunggu dulu! Dalam memanjat gunung, persiapan Anda jangan sembarangan, lho. Salah satu hal yang memegang peranan urgen dan menjadi penentu kekuatan kita untuk dapat mencapai puncak ialah bekal makanan. Harus kita tahu bahwa terdapat 4 bagian yang nggak boleh ketinggalan dalam perbekalan, yakni karbohidrat, protein, vitamin dan gula. Nah, makanan apa sajakah yang berisi keempatnya? Bagi menjawabnya, yuk simak susunan berikut :

  • Oatmeal atau sereal

Oatmeal atau sereal ialah solusi terbaik untuk Anda guna menggantikan asupan karbohidrat yang sekitar ini didapatkan dari nasi. Di samping lebih praktis dan ringan, kandungan karbohidrat dalam oatmeal dan sereal setara dengan kandungan karbohidrat yang ada dalam nasi sampai-sampai asupan kalori yang diperlukan tetap bisa terpenuhi. Di samping karbohidrat, oatmeal atau sereal berisi protein, lemak, zat besi, vitamin dan serat yang diperlukan oleh tubuh. Karena dalil inilah oatmeal atau sereal tidak jarang dibawa oleh semua pendaki profesional dibanding dengan nasi.

  • Madu
madu

Tak melulu manis dan lezat, madu pun kaya bakal kalsium, kalium dan zat besi yang bisa menguatkan otot tubuh sampai-sampai dengan memakannya, tubuh bakal menjadi lebih bertenaga. Selain tersebut madu juga berfungsi untu menjaga situasi tubuh guna tetap sehat pada situasi cuaca gunung yang biasanya sulit guna diprediksi.

  • Cokelat

Senyawa phenethylamine yang ada dalam cokelat dapat menolong untuk menaikan hormon endorfin dalam tubuh Anda. Hormon ini sangat diperlukan oleh semua pendaki supaya tidak gampang kehabisan tenaga. Cokelat pun adalahpanganan yang praktis pengemasannya, sampai-sampai Anda dapat selalu menyelipkannya di kantong-kantong celana atau tas ransel. Saat memanjat dan kita merasa tubuh terlampau dingin, makanlah batangan cokelat ini guna meningkatkan tenaga dan menghangatkan badan.

  • Abon
Abon

Meskipun karbohidrat paling penting untuk tubuh saat mengerjakan pendakian, tetapi Anda jangan melupakan di antara hal yang tidak kalah penting; yakni protein. Pilihlah makanan yang berisi protein dan ptraktis dikemas dalam ransel, laksana abon dan sosis.

  • Buah

Tahukah kita bahwa vitamin, serat dan air yang ada dalam buah dapat menambah vitalitas tubuh serta mengawal tubuh dari dehidrasi? Karena itulah, mendaki, Anda mesti secara arif dalam memakai pembekalan air tetapi Anda pun tidak boleh tidak mempedulikan tubuh kelemahan cairan sampai mengalami dehidrasi. Kondisi ini akan menciptakan Anda tidak dapat beranggapan dengan baik sampai-sampai sulit guna memilih jalan yang benar dan hasilnya, dapat saja kita tersesat. Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda dapat tetap memenuhi keperluan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah. Berikut dua jenis buah yang mempunyai kandungan air lumayan tinggi :

-Semangka

Semangka

Berdasarkan riset yang University of Aberdeen Medical School pada tahun 2009, semangka menolong menghidrasi tubuh dua kali lebih efektif dikomparasikan dengan meminum satu gelas air.

-Apel

Apel

Apel mempunyai kandungan air sejumlah 84% diperbanyak dengan kandungan lainnya laksana seperti vitamin C dan B perumahan (riboflavin, thiamin dan vitamin B6), serat makanan, kalsium, kalium, fosfor dan sejumlah fitonutrien.

Hindari makanan ini

Mie instan cup berisi 300 kalori


Mi instan sampai ketika ini adalah salah satu makanan kesayangan yang tidak jarang dibawa oleh semua pendaki. Alasannya ialah mi instan bisa di-packing dengan praktis dan mudah diubah di lapangan.

Namun, apakah mi instan adalah makanan yang baik dalam menyertai pendakian? Jawabannya ialah tidak. Sebab, sifat mi instan yang unik cairan dalam tubuh akan menciptakan Anda lebih gampang haus dan tidak jarang kali minum. Padahal, selama mengerjakan pendakian Anda malah harus menghemat persedian air.

Jika urusan ini terjadi, dan konsumsi mi instan Anda telah kelewat banyak, bisa-bisa air bawaan kita jadi lebih cepat habis. Bayangkan andai Anda sama sekali tak bertemu sungai atau sumber air lainnya di gunung nanti, wah bisa-bisa kita dehidrasi! Jadi, sebisa barangkali hindarilah mengonsumsi mi instan secara berlebihan sekitar pendakian


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format