8 Makanan Khas Lampung, yang Membuat penasaran


0

Lampung adalah salah satu provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera. Kamu pasti tahu dong bakal hal itu? Kalau di Sumatera kan Lampung terletak di bagian sangat bawah Pulau Sumatera tuh.

Bahkan, bila kamu menyebrang lewat jalur darat ke Sumatera, tentu anda akan melalui Lampung. Nah, saat anda dalam perjalanan mengarah ke kota beda lewat jalur darat. Sempatkanlah mampir ke Lampung dan menyantap makanan yang terdapat di sana.

Ada tidak sedikit makanan khas yang dapat kamu rasakan kelezatannya lho. Mau tahu apa saja makanan khas Lampung?

Kalau anda suka ikan, barangkali seruit dapat jadi opsi hidangan yang anda santap di Lampung. Seruit tercipta dari ikan yang dihanguskan atapun digoreng. Tak lupa ekstra sambal terasi, tempoyak, atau mangga.

Ikan yang biasa dipakai untuk menciptakan seruit ialah ikan sungai laksana baung, belide, layis, dan jenis ikan darat lainnya. Di samping itu, ada ekstra lalapan untuk meningkatkan kelezatan masakan ini.

Ada teknik yang biasa dilaksanakan orang Lampung untuk merasakan seruit. Ketika inginkan memakannya, anda harus menambahkan tempoyak ke dalam seruit. Buat yang belum pernah ngerasain tempoyak, tentu akan bilang bila tempoyak tersebut aneh.

Di samping itu, kamu pun harus menggunakan sejumlah lalapan laksana terong bakar, kemangi, jengkol, bahkan terdapat yang gunakan daun jambu monyet lho. Hmm, sepertinya paling menggoda nih menu makanan yang satu ini.

Nah, kalau wilayah yang olahan ikannya pun terkenal terdapat di unsur timur pulau Jawa nih. Makanan khas Bali ada tidak sedikit yang dari ikan, rasanya pun enak-enak.

Tempoyak

Tempoyak


Nah, bila tadi santap seruit kan gunakan tempoyak tuh, tapi anda tahu nggak apa tersebut tempoyak? Tempoyak adalahmakanan yang tercipta dari durian yang difermentasi, seringkali dikonsumsi sebagai teman santap nasi.

Kalau anda mau memakan langsung tempoyak tanpa nasi juga dapat lho. Tapi urusan ini jarang banget, soalnya rasa asam dari tempoyak dan aromanya yang begitu menyengat.

Rasa tempoyak ialah asam, kayak rasa yoghurt gitu. Rasa asam ini didapat dari proses fermentasi durian. Tempoyak nggak cuma familiar di Lampung saja, tapi pun di Palembang dan Kalimantan. Bahkan, di Malaysia pun lho.

Kemplang

Kemplang


Udah pernah nyobain makanan yang rasanya kriuk-kriuk yang bahannya dari ikan nggak? Ternyata di Lampung terdapat tuh makanan kayak gitu, namanya kemplang. Sebenernya makanan ini nggak hanya ada di Lampung sih, di wilayah sekitar Lampung juga kamu pun mudah mengejar kemplang.

Kemplang ini agak sedikit bertolak belakang dengan kerupuk banyak sekali lho. Bagi mematangkan kemplang, ternyata hanya dipanggang, nggak digoreng. Cocok deh buat anda yang meminimalisir makanan yang digoreng.

Kelezatan kemplang ini telah nggak butuh diragukan lagi. Gurihnya rasa kemplang, dengan kriuk yang menggugah selera. Cocok banget bikin lauk atau melulu sekedar camilan saja. Biar tambah nikmat, kamu dapat mencocolkan kemplang ke sambal atau cuka.

Kalau disaksikan sekilas, kemplang ini serupa kayak cireng ya, makanan khas Bandung tersebut tuh.

Geguduh

Gegeduh


Pernah dengar nama makanan yang satu ini? Geguduh, adalahmakanan khas Lampung yang tercipta dari pisang. Kalau dilihat, makanan yang satu ini serupa pisang goreng.

Untuk menciptakan geguduh, pisang mesti dihaluskan dan dibaur dengan terigu. Kemudian adonan yang telah jadi digoreng dalam minyak panas hingga matang. Gimana? Mirip banget kan sama pisang goreng?

Engkak Ketan

Engkak Ketan


Dari namanya, kita tentu sudah dapat menebak bila makanan ini tercipta dari ketan. Engkak ketan adalahkue basah yang nggak cuma familiar di Lampung saja, tapi pun di Palembang dan wilayah Sumatera lainnya.

Keripik Pisang

Kripik Pisang Lampung


Makanan yang satu ini telah terkenal banget nih, keripik pisang khas Lampung. Terbuat dari pisang opsi yang dipadukan dengan sekian banyak rasa, laksana coklat, keju, strawberry, mocca, susu, sapi panggang, melon, balado, dan rasa beda yang mantab.

Kalau anda pergi ke Lampung, kamu dapat menjadikan keripik pisang sebagai oleh-oleh. Pasti family di lokasi tinggal akan suka dengan keripik pisang yang anda bawa. Apalagi bila banyak, hmmm, hingga puas deh ntar santap keripik pisangnya.

Gabing

Gabing


Pernah dengar nama makanan khas Lampung yang satu ini? Gabing, adalahsalah satu makanan khas Lampung yang tercipta dari batang kelapa yang masih muda, bahkan paling muda dan ukurannya tidak terlampau besar.

Sayur ini barangkali serupa-serupa laksana rebung yang dari bambu muda tersebut ya, bila masih muda lunak, bila sudah tua jadi keras.

Nah, batang kelapa yang masih muda lantas dimasak dengan santan dan bumbu khas Lampung. Rasa dari masakan ini berpadu antara manis, asin, dan tidak banyak rasa pedas. Kalau anda penasaran, langsung aja ke Lampung, terus cicipin nih sayur gabing.

Umbu

Umbu Lampung


Kalau anda penggemar lalapan, harus cobain nih lalapan khas Lampung yang satu ini, umbu. Umbu ini bukan laksana lalapan pada lazimnya yang adalahdedaunan hijau.

da penggemar lalapan, harus cobain nih lalapan khas Lampung yang satu ini, umbu. Umbu ini bukan laksana lalapan pada lazimnya yang adalahdedaunan hijau.

Umbu tercipta dari rotan yang masih muda lantas direbus hingga empuk. Rasa dagi umbu ini, bikin yang belum pernah mencobanya tentu aneh. Rasanya laksana pare, namun pahitnya tersebut pahit-pahit enak gitu lho, jadi dapat membangkitkan selera santap kamu.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format